NLC 2014 Notes (8): Tantangan Perekonomian Indonesia

tumblr_na98t3YbAh1r8y2qqo1_500

Tantangan Indonesia ke depan bukan hanya sektor kepemimpinan namun juga sektor perekonomian. Sebab, ekonomi merupakan suatu hal yang menjadi motor penggerak segala hal di dunia ini. Tanpa adanya sebuah perekonomian yang sehat, dunia ini akan menjadi lumpuh.

Sektor perekonomian di Indonesia selama ini dapat dibangun melalui berbagai sektor. Yang pertama adalah melalui sektor BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. Saat ini perkembangan BUMN di Indonesia cukup bagus dan cukup pesat. Salah satunya adalah PT Semen Indonesia di mana ia menjadi BUMN Indonesia pertama yang multinasional ketika berhasil mengakuisisi perusahaan semen di vietnam. Ke depannya tentu diharapkan akan banyak BUMN yang berkembang pesat dengan mengedepankan pelayanan terbaik bagi masyarakat sehingga angka kepercayaan masyarakat akan naik dan membuat profit BUMN bertambah.

Yang kedua melalui sektor swasta. Peran pihak swasata atau pihak ketiga di Indonesia begitu besar. Sehingga menyebabkan sektor ini saat ini berkembang pesat. Hal ini juga cukup menjanjikan dan tentu diharapkan BUMN dan Swasta dapat sama-sama bersinergi sekalipun tujuannya sama-sama untuk mencari keuntungan, namun visi besarnya adalah bersinergi mewujudkan perekonomian Indonesia yang lebih baik lagi.

Yang ketiga melalui sektor wirausaha. Pemerintah Indonesia saat ini benar-benar menggalakkan semangat entrepreneur terutama dalam diri para pemudanya. Sebab, suatu tolak ukur mengatakan bahwa kemajuan suatu negara adalah manakala hanya 2% saja penduduk negara berprofesi sebagai entrepreneur dan mereka dapat membesarkan usahanya, maka negara tersebut bisa dikatakan negara maju, dan perekonomian akan semakin meningkat. Sementara itu, di Indonesia ini jumlah entrepreneur masih dalam kisaran 0.2%, sehingga hal itu nantinya menjadi tantangan bagi kita semua sebagai generasi muda untuk memperbanyak dan melahirkan entrepreneur-entrepreneur muda untuk disebar ke seluruh wilayah Indonesia baik dari sabang maupun merauke.

Data statistik perekonomian Indonesia juga menunjukkan bahwa tingkat kerentanan Indonesia relatif moderat atau aman, di tengah-tengah penurunan global yang terjadi. Tren inflasi yang menghiasi dunia saat ini cenderung menurun. Namun posisi Indonesia cenderung stabil, sehingga itu ke depan mampu menjadi opportunity tersendiri.

Yang perlu digarisbawahi, bahwasanya seorang pemimpin tentunya tidak cepat berpuas diri. Sekalipun dalam perekonomian Indonesia telah berada dalam tahap yang aman, namun Indonesia masih kalah dengan negara-negara lainnya. Oleh karena itulah tentu kita semua berharap bahwa perekonomian Indonesia bukan stagnan di tempatnya, namun harus terus meningkat dan menunjukkan tren positif.

Perekonomian Indonesia diprediksi akan mencapai puncaknya nanti pada tahun 2045. Dan pada tahun 2030 nanti, Indonesia akan mendapatkan karunia dari Allah SWT yang disebut Bonus Demografi. Yaitu banyaknya penduduk Indonesia yang berusia muda. Adanya peluang tersebut tentu harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bayangkan jika seluruh pemuda Indonesia pada masa itu mampu bekerja, dan menghasilkan perekonomian negara yang layak, maka bukan tidak mungkin sebelum tahun 2045 pun Indonesia mampu mencapai puncak perekonomiannya.

Faiz

Still Struggling to get new school :)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *